Selasa, 13 November 2018

PROMOSI DAN MUTASI


Cara perusahaan untuk memberdayakan karyawan salah satunya dengan melakukan pengembangan SDM melalui promosi dan mutasi. Promosi jabatan bagi pekerja sangat menguntungkan karena mendapatkan banyak keuntungan baik dari segi kesempatan untuk menambah pengalaman kerjanya, serta bertambahnya penghasilan yang di dapatkan. Promosi karyawan didasarkan pada pengalaman, kecakapan, dan kombinasi pengalaman & kecakapan.
Sedangkan pelaksanaan mutasi sendiri bertujuan untuk mengurangi rasa kebosanan dan kejenuhan karyawan dalam pekerjaan, selain itu juga mutasi mampu menambah wawasan dan pengetahuan karyawan. Mutasi itu sendiri berarti perubahan jabatan seorang karyawan dari jabatan satu ke jabatan lainnya, baik jabatan itu sama tingkatan gajinya ataupun lebih rendah dari semula. Jadi mutasi itu perubahan dapat secara vertikal maupun horizontal. Yang menjadi dasar mutasi adalah keingian pegawai yang merasa kurang tepat pada jabatannya atau kurang bisa kerja sama dengan kawan-kawan sepekerjaan atau dengan atasan langsungnya. Selain itu karena keinginan perusahaan, untuk menjamin bahwa kepercayaan pegawai bahwa mereka tidak akan diberhentikan karena kekurangan kecakapan.
Demosi yaitu pemindahan atau mutasi namun dia bergerak secara vertikal. Demosi biasanya dilakukan karena seorang tenaga kerja telah melakukan pelanggaran disiplin organisasi yang berat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar