Selasa, 13 November 2018

PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN


Pelatihan dan pengembangan bagi sumber daya manusia adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia agar bisa menjadi sumber daya yang berkualitas baik dari segi pengetahuan, keterampilan bekerja, tingkat profesionalisme yang tinggi dalam bekerja agar bisa meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan yang baik.
Istilah pelatihan ditujukan pada pegawai pelaksana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis. Sedangkan, Istilah pengembangan ditujukan pada pegawai tingkat manajerial untuk meningkatkan kemampuan konseptual, kemampuan dalam mengambil keputusan, dan memperluas human relation.
Dilihat dari tujuannya, pelatihan lebih ditekankan pada peningkatan kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang spesifik pada saat ini, dan pengembangan lebih ditekankan pada peningkatan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan pada masa yang akan datang.
Terdapat beberapa jenis program pelatihan dan pengembangan, diantaranya adalah pelatihan keahlian, pelatihan ulang, pelatihan lintas fungsional, pelatihan tim, dan pelatihan kreatifitas. Dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia terdapat tahap orientasi pekerja baru yang terdiri dari proses perkenalan, penjelasan tujuan perusahaan, sosialisasi kebijakan, jalur komunikasi, proses monitoring. Dan tahap pelatihan yang terbagi menjadi proses penentuan kebutuhan pelatihan SDM, Mendesain program pelatihan SDM, Evaluasi efektifitas program pelatihan SDM.
Pelatihan dan pengembangan SDM begitu penting karena jika organisasi pemerintah tidak mengembangkannya, maka organisasi akan kehilangan potensi pegawainya. Pengembangan SDM dapat dilakukan melalui Diklat, Mutasi atau promosi, Gugus Kendali Mutu, dan Waskat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar