Selasa, 13 November 2018

PENGEMBANGAN KARIER


Perencanaan karier adalah rencana masa mendatang mengenai semua pekerjaan yang dilakukan seseorang selama masa kerjanya yang memberikan kelangsungan, keteraturan, dan nilai bagi kehidupan seseorang atau suatu proses yang digunakan seseorang untuk memilih tujuan karier dan jalur karier untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Terdapat 5 tahapan umum perjalanan karier seseorang, yaitu pertumbuhan, penjajakan, pemantapan, pemeliharaan, dan kemunduran. Pengelompokan itu didasarkan pada usia. Konsep dasar perencanaan karier di jabarkan menjadi jalur karier, sasaran karier, pemilihan sasaran-sasaran karier, dan perbaikan diri pribadi. Untuk menyusun rencana karier, langkah-langkah yang dapat ditempuh menilai diri sendiri, menetapkan tujuan karier, menyiapkan rencana, dan melaksanakan rencana.
Pengembangan karier adalah kondisi yang menunjukkan peningkatan status seseorang dalam suatu organisasi pada jalur karir yang telah ditetapkan dalam organisasi. Pengembangan karier ini di raih karena prestasi kerja yang memuaskan, pengenalan oleh pihak lain, kesetiaan pada organisasi, pembimbing dan sponsor, dukungan para bawahan, kesempatan untuk bertumbuh, berhenti atas permintaan dan kemauan sendiri. Pengembangan karier juga dapat melalui jalur pendidikan dan pelatihan, promosi, dan mutasi.
Perencanaan karier dan pengembangan karier tentunya memberi manfaat bagi perusahaan diantaranya membantu menyelaraskan strategi perusahaan dan kebutuhan sumber daya manusia, membantu proses pengembangan karyawan, menurunkan tingkat perputaran karyawan, memotivasi pekerja untuk terus mengembangkan diri, memenuhi kebutuhan pekerja.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar