Perencanaan karier
adalah rencana masa mendatang mengenai semua pekerjaan yang dilakukan seseorang
selama masa kerjanya yang memberikan kelangsungan, keteraturan, dan nilai bagi
kehidupan seseorang atau suatu proses yang digunakan
seseorang untuk memilih tujuan karier dan jalur karier untuk mencapai
tujuan-tujuan tersebut. Terdapat 5 tahapan umum perjalanan karier seseorang,
yaitu pertumbuhan, penjajakan, pemantapan, pemeliharaan, dan kemunduran.
Pengelompokan itu didasarkan pada usia. Konsep dasar perencanaan karier di
jabarkan menjadi jalur karier, sasaran karier, pemilihan sasaran-sasaran
karier, dan perbaikan diri pribadi. Untuk menyusun rencana karier,
langkah-langkah yang dapat ditempuh menilai diri sendiri, menetapkan tujuan
karier, menyiapkan rencana, dan melaksanakan rencana.
Pengembangan karier
adalah kondisi yang menunjukkan peningkatan status seseorang dalam suatu
organisasi pada jalur karir yang telah ditetapkan dalam organisasi.
Pengembangan karier ini di raih karena prestasi kerja yang memuaskan,
pengenalan oleh pihak lain, kesetiaan pada organisasi, pembimbing dan sponsor, dukungan
para bawahan, kesempatan untuk bertumbuh, berhenti atas permintaan dan kemauan
sendiri. Pengembangan karier juga dapat melalui jalur pendidikan dan pelatihan,
promosi, dan mutasi.
Perencanaan karier dan
pengembangan karier tentunya memberi manfaat bagi perusahaan diantaranya membantu
menyelaraskan strategi perusahaan dan kebutuhan sumber daya manusia, membantu
proses pengembangan karyawan, menurunkan tingkat perputaran karyawan,
memotivasi pekerja untuk terus mengembangkan diri, memenuhi kebutuhan pekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar