Selasa, 13 November 2018

SELEKSI DAN PENEMPATAN



Seleksi adalah proses mendapatkan dan mempergunakan informasi mengenai pelamar kerja melalui pertimbangan persyaratan-persyaratan untuk dapat diterima dan menduduki posisi jangka pendek dan jangka panjang.  Sedangkan, penempatan adalah menempatkan karyawan pada bidang pekerjaan yang dianggap sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
Seleksi dan penempatan merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk mengetahui apakah pelamar diterima atau ditolak, atau jadi tidaknya penempatan pekerja pada posisi yang baru. Proses seleksi terdiri dari penyaringan pelamar, tes, wawancara awal, evaluasi latar belakang, wawancara mendalam, pemeriksaan kesehatan, keputusan diterima. Terdapat beebrapa syarat-syarat seleksi dan penempatan yaitu informasi analisis jabatan, rencana-rencana SDM, keberhasilan rekrutmen.
Untuk melaksanakan seleksi dan penempatan dibutuhkan metode-metode untuk menunjang proses seleksi dan penempatan, diantaranya adalah tinjauan data biografis, tes ketangkasan, tes kemampuan, tes performansi, referensi, evaluasi performansi, wawancara, pusat-pusat penilaian, masa percobaan.
Dalam pelaksanaannya, terdapat kendala dalam memilih metode seleksi dan penempatan yaitu tingkat validitas yang berbeda dan keterkaitan kerja yang berbeda; Masing-masing metode mempunyai tingkat reliabilitas atau kekonsistenan angka bagi seorang pelamar dibandingkan waktu; Metode tersebut mempunyai tingkat biaya yang bervariasi, dari yang mulai tidak mahal hingga biaya yang sangat mahal.
Berikut merupakan masalah dalam melakukan seleksi dan penempatan, meliputi pengerian seleksi dan penempatan, syarat-syaratnya, dan pengaruh nilai terhadap aktivitas seleksi dan penempatan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar