Kamis, 31 Maret 2016

Pengelolaan SDA Indonesia


III. PENGELOLAAN SDA INDONESIA
Sumber daya alam atau yang biasa disebut SDA adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotic seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme,  tetapi juga komponen abiotic, seperti minyak bumi, gas alam,berbagai jenis logam,air,dan tanah. Sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua yaitu, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui.
1.      MASALAH PENGELOLAANSUMBER DAYA ALAM, STRUKTUR PENGUASAAN SUMBER DAYA ALAM
Permasalahan pengelolaan sumber daya alam menjadi sangat penting dalam pembangunan ekonomi pada masa kini dan masa yang akan datang. Di lain pihak sumber daya alam tersebut telah banyak mengalami ikerusakan-kerusakan, terutama berkaitan dengan cara-cara eksploitasinya guna mencapai tujuan bisnis dan ekonomi. Dalam laporan PBB pada awal tahun 2000 umpamanya, telah diindetifikasi 5 jenis kerusakan ekosistem yang terancam mencapai limitnya, yaitu meliputi ekosistem kawasan pantai dan sumber daya bahari, ekosistem lahan pertanian, ekosistem air tawar, dan ekosistem padang rumput.
Kerusakan-kerusakan sumber daya alam di dalam ekosistem-ekosistem tersebut terjadi terutama karena kekeliruan dalam pengelolaannya sehingga mengalami kerusakan yang disebabkan karena terjadinya perubahan besar, yang mengarah pada pembangunan ekonomi yag tidak berkelanjutan. Padahal sumber daya tersebut merupakan pendukung utama bagi kehidupan manusia, dan karenanya menjadi angat penting kaitannya dengan kegiatan ekonomi dan kehidupan masyarakat manusia yang mengarah kepada kecendungan pengurasan (depletion) dan degradasi (degradation).Kecenderungan ini baik dilihat dari segi kualitas maupun kuantitasnya danterjadi di hamper semua kawasan, baik terjadi di Negara-negara maju maupun Negara berkembang atau miskin.

2.      KEBIJAKAN SUMBER DAYA ALAM, STRUKTUR PENGUASAAN SUMBER DAYA ALAM
Keputusan politik berupa TAP MPR No. IX/MPR-RI/2001 yang menggariskan urgensi pembaruan agrarian da npengelolaan sumber daya alam sebenernya bukanlah kemajuan baru, meskipun secara substansial rumusan yang tertuang sangat signifikan. TAP MPR No. IV/MPR/1999 tentang GBHN 1999-2004, sebagai produk siding umum MPR RI tahun 1999, telah menncatat perubahan yang mendasar dalam merumuskan pijakan pembangunan nasional. GBHN 1999-2004 telah menuangkan bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup, namun, sejak GBHN tersebut dijadikan sebagai landasan pembangunan nasional, belum terdapat kebijakan yang secara signifikan mengatur pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

3.      DOMINASI SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA
Indonesia adalah Negara degan kekayaan alam yang sangat besar.Menyimpan banyak sumber mineral, energy,perkebunan, hasil hutan dan hasil laut yang melimpah. Saat ini in donesia berada diperingkat  6  dalam hal cadangan emas, nomer 5 dalam produksi tembaga, berada pada urutan 5 dalam produksi bauksit, penghasil timah terbesar di dunia setelah cina, produsen nike terbesar kedua dunia. Tambang Grasberg papua adalah tambang terbesar didunia. Kesimpulannya Negara ini berada dalam urutan dalam hal raw material.
Negara ini adalah produsen sumber energy terbesar.Berada pada urutan nomor 2 eksportir batu bara didunia setelah Australia, eksportir batu bara di dunia Australia, eksportir gas alam bersih LNG terbesar didunia, seperempatnya dikirim kesingapura. Eksportir terbesar gas alam cair setelah Qatar dan Malaysia.Dalam hal komoditi perkebunan Indonesia berada di nomer 1 dalamp roduksi CPO, produsen karetter besar di dunia, berada dalam urutan 3 dalam hal produksi kakao, merupakan proddusen kopi terbesar di dunia bersama Vietnam dan brasil.

DAFTAR PUSTAKA
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam 
·        http://infotambang.com/clients/infotambang/KetetapanMPRNoIXtahun2001.%20IX%20tahun%202001%20Upaya%20Meletakkan%20Reformasi%20Kebijakan%20Pengelolaan%20Sumber%20Daya%20Alam.pdf
(PRASTIKA RISQI PUTRI , 25215373)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar